Pengalaman Pribadi Setting Karburator Sendiri

Pengalaman Pribadi Setting Karburator SendiriOleh: maucaridika

Berawal dari tidak enaknya bau asap knalpot terutama pada saat AC on, Saya pikir ada masalah dengan setting Karburator. Bau asap yang dimaksud adalah asap emang berbau tapi ini lebih kepada baunya “asap” banget, “gak ngerti khan?” “sama Saya juga…”, asapnya tidak perih, tidak meninggalkan hitam di ujung knalpot cuma agak menggangu saja. 

Googling sana sini dengan keyword kurang lebih “cara setting karburator mobil”, artikel yang muncul sama persis di setiap url tapi satu yang mungkin asli yaitu dari Bambang Sukmono, dengan gambar yang jelas mewakili apa yang diterangkan.

Singkat  cerita, Saya praktikan saran dari Bambang Sukmono tersebut, Saya coba mobil dipake jalan singaparna – taikmalaya, hasilnya bensin jadi boros, ujung knalpot jadi hitam.

Kecewa tapi tidak menyalahkan Bambang Sukmono, mungkin mobil Saya Honda Accord 1987 atau dikenal Honda Prestige yang terlalu tua untuk mengikuti saran itu.

Akhirnya dengan modal pengertian dari artikel Bambang Sukmono itu, Saya mencoba sendiri dengan lebih mengedepankan kedekatan rasa, langkah-langkah yang ditempuh sebagai berikut:

  1. Menurut Buku Service Manual Honda Accord 1987, pengaturan Idle Speed khusus untuk Mixture, syaratnya Cooling Fan (kipas Radiator) on, AC off dan Headlights off. Saya kondisikan begitu dengan Idle Speed (Idle RPM) 750±50
  2. Mengencangkan Sekrup Penyetelan Campuran Udara-Bensin hingga mentok tapi jangan terlalu kuat.
  3. Mengecilkan atau melonggarkan Sekrup Penyetel Idle up AC hingga tidak lagi berfungsi jika ada tarikan.
  4. Mengecilkan Idle Speed (Idle RPM) hingga tepat akan mati, dengan tanda mesin bergetar sangat kuat.
  5. Melonggarkan perlahan Sekrup Penyetelan Campuran Udara-Bensin hingga Idle Speed (Idle RPM) tidak lagi tepat akan mati, dengan tanda getaran mesin tidak ada lagi.
  6. Menaikkan kembali Idle Speed (Idle RPM) sampai kembali pada Idle Speed (Idle RPM) awal yaitu 750±50
  7. Mengencangkan kembali Sekrup Penyetel Idle up AC hingga Idle Speed (Idle RPM) mengalami kenaikan lebih dari ±750, tapi untuk hal ini kisaran menaikkannya itu selera masing-masing Cuma untuk Honda Prestige (Honda Accord 1987) menjadi 750±60
  8. Hasil Akhir sementara ini suara mesin lebih lembut, tidak terlalu berbau “asap” dan tidak ada hitam di ujung knalpot.

Itu Pengalaman Pribadi Setting Karburator Sendiri, semoga manfaat. O ya PR untuk pembaca, silahkan cari jawaban dari pertanyaan “mengapa harus setting campuran udara-bensin?”

 

 

Author: maucaridika

married men

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s