Seputar Flu Singapura

oleh maucaridika

Selasa, 27 Maret 2013 pukul 7.30 WIB keluarlah istriku – Endah Supraptiwi – dari Dokter Yanti, tak sabar setelah istri duduk disebelah langsung Saya tanya “sakit apa Ag? – Argentum Azmi Hail –“, istri jawab singkat “flu singapura”, Inna lillahi wa inna ilayhi raji’un. Berikut photo-photo Gejala Flu Singapura yang terdapat di Ag beserta sedikit cerita seputar Flu Singapura

 

Gejala Flu Singapura

 

Gejala Flu Singapura

Sejarah Flu Singapura

Flu SingapuraDisebut Flu Singapura karena pada tahun 1970, ratusan Taman Kanak-Kanak (TK) di Singapura terpaksa libur beberapa hari akibat muridnya terkena flu. Sebelum 1970-an flu ini lebih dikenal sebagai penyakit tangan, kaki dan mulut (hand, foot, and mouth disease –HFMD–).

Penyebab Flu Singapura

Flu Singapura disebabkan oleh coxsacklievirus A 16(yang paling umum) dan entervirus 71 (EV71). Menurutnya penyakit karena virus biasanya menyerang anak-anak akibat sistem imun tubuh dan antibodinya belum sempurna. Sistem imun kita adalah pertahanan tubuh ketika diserang virus.

Gejala Flu Singapura

Demam pada anak yang terkena Flu Singapura tidak pernah turun, dia akan panas terus menerus. Ciri khas Flu Singapura adalah 1-2 hari setelah demam akan muncul bintik merah seperti sariawan digusi, sekitar mulut, dan radang tenggorokan. Hal inilah yang mebuat anak menjadi tidak mau makan dan minum yang membuat anak cepat lelah dan lemah. Setelah itu diikuti bintik merah berair ( seperti cacar air namun cacar air biasanya putih) ditelapak tangan , telapak kaki, siku, lutut, sekitar kemaluan. Cairan ini diusahakan jangan pecah karena akan membuat area yang terkena bintik merah semakin banyak.

Cara Penularan Flu Singapura

Selain bisa menular orang lain, cairan dari bintik merah ini bisa membuat bintik yang lebih banyak didaerah tubuh penderita. Selain lewat cairan didalam bintik merah, penularan bisa terjadi lewat air liur, bersin atau batuk, air seni, dan feses (tinja).

Cara Mengatasi Flu Singapura

Biasanya dokter akan memberikan obat untuk mengatasi gejala yang timbul. Misalnya demam diberi obat penurun panas, pad bintik merah (red spot) diberi salep, begitu juga bintik dimulut serta radang tenggorokan agar anak mau makan dan minum obat lagi . Sebaliknya jika ada anggota keluarga yang terkena penyakit ini, sebisa mungkin diisolasikan jangan berinteraksi dengan anak terutama dibawah usia 5 tahun. peralatan makanan atau mainan jangan dicampur dan langsung dibersihkan begitu terkena anak yang sedang menderita Flu Singapura.”Sejak tertular, tidak langsung timbul gejala. Namun akan muncul penyakit (inkubasi) sekitar 3-5 hari. Orang yang merawat anak sakit Flu Singapura harus sering mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun agar tidak tertular.

sumber: kompas.com

Author: maucaridika

married men

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s