Tes Seleksi Masuk Calon Mahasiswa SPS UPI 2012

oleh: maucaridika

Akhrnya tiba waktu untuk tes seleksi masuk calon mahasiswa SPs UPI tahun pelajaran 2012/2013. Tiba di gedung SPs UPI pukul 7 kurang, semua lorong gedung termasuk lantai 4 tempat saya ujian sudah terisi penuh oleh peserta tes.

Pukul 7.00 WIB masuk ruang, mulai dari isi biodata, istirahat hingga waktu habis dapat dilihat dari photo berikut, tapi sebagai tambahan informasi, saya akan coba berbagi secara detail materi tes, yakni:

Tes sesi pertama adalah tes bahasa Inggris; kode soal 01, jumlah soal 60 PG tanpa Essai dengan waktu pengerjaan 90 menit.

Tes sesi kedua adalah tes potensi; kode soal 02, jumlah soal 120 PG tanpa Essai dengan waktu pengerjaan 120 menit, terbagi menjadi 4 (empat) bagian dengan rincian sebagai berikut:

  1. Tes Kemampuan Verbal; 30 menit
  2. Tes Kemampuan Akademik; 30 menit
  3. Tes Kemampuan Saintifik; 30 menit
  4. Tes Kemampuan Abstrak, terbagi 3:
  • Bagian A; 10 menit. Bagian ini menyusun bentuk dari pola gambar yang ada.
  • Bagian B; 10 menit. Bagian ini membentuk pola gambar dari bentuk yang ada.
  • Bagian C; 10 menit. Bagian ini mencari part dari pola gambar yang ada.

Tes sesi kedua adalah tes potensi; kode soal 02, jumlah soal 120 PG tanpa Essai dengan waktu pengerjaan 120 menit, terbagi menjadi 4 (empat) bagian dengan rincian sebagai berikut: Dari kedua sesi tersebut pengerjaan soal sangatlah didukung oleh faktor persiapan yang mumpuni dan konsentrasi super tinggi karena hampir dan bahkan tidak ada ruang untuk berhenti (misal menghapus lalu memperbaiki) apalagi mundur (misal mengerjakan lagi soal yang belum atau ragu).

Selain faktor di atas, faktor pengawas pun mempengaruhi dengan sangat disiplin memulai dan mengkahiri setiap waktu pada setiap sesi atau bagian.

Tetapi bukan itu inti dari faktor yang disebut di atas yang dapat menentuntukan lulus dan tidak lulus, faktor yang saya maksud adalah Allah SWT.

Jauh dari mulai persiapan hingga detik berkahirnya tes, faktor Allah-lah yang harus dikedepankan, karena tanpa Bantuan Allah SWT semua mainless. Padahal  apapun hasilnya tetap yang diharapkan adalah mainfull dan ini yakin hanya datang dari Allah. (maaf klo so tahu…..hehehe)

o ya, tu kah kelupaan, ini lho photo yang dijanjikan itu:

Kartu Peserta Tes SPs UPI 2012

Kartu Peserta Tes SPs UPI 2012

Author: maucaridika

married men

80 thoughts on “Tes Seleksi Masuk Calon Mahasiswa SPS UPI 2012”

    1. Alhamdulillah lulus tapi gak diisi karna ada hal lain yg lbh utama, rinciannya ada di postingan saya ini, yang utama adalah fokus dan tenang dalam setiap pengerjaan soal yang dibatas waktu. o ya tahun kemarin, Bhs Ingrisnya ngambil dari Jakarta Post, coba deh sering baca itu, good luck ya mas, semoga lulus dan dpt kuliah.

      1. terima kasih artikel nya sangat membantu kang,
        mau tanya, kalau rincian bagian tes bhs inggris nya apa saja ya ? apakah terdiri dari reading, structure, & grammar? atau bagaimana kang ?

      2. aamiin..
        alhamdulillah, sangat sangat bermanfaat kang info nya, khusus nya bagi yang akan mnghadapi tes seleksi masuk d SPs UPI jadi mmpunyai gambaran tes yg akan d hadapi..
        (kalau ada info tambahan lagi mngenai tes seleksi masuk boleh d share lagi ya kang d artikel nya🙂 )
        hatur nuhun kang udh bagi2 info & pngalaman nya..

  1. Assalamualaikum.
    Saya Bayu Budi Prakoso Alumni S-1 Penjaskesrek FIK Unesa (Universitas Negeri Surabaya)
    Kemarin (Rabu, 24 April 2013) saya mengirimkan berkas pendaftaran sebagai calon mahasiswa SPs UPI Prodi Pendidikan Olahraga via jasa TIKI (Titipan Kilat). Hal ini saya lakukan karena keterbatasan BIAYA karena saya berasal dari kabupaten Jember, Jawa Timur.
    Nah setelah saya melihat postingan mas Dika, saya bingung. Tanda peserta tes masuk UPI bisa saya dapatkan kapan dan dimana ya?
    Terus UPI menerima pendaftaran semacam itu gak ya?
    Mohon informasinya.
    Terima kasih..
    Wassalam.

    1. Mas Budi, kebetulan saya tidak tahu tentang pendaftaran melalui TIKI atau diposkan dan sejenisnya bahkan dititipkan ke teman pun kayaknya tidak tahu bisa atau tidak yang pasti pada saat pendaftaran saya mengisi biodata ditambah photo dan bayar ditempat selanjutnya langsung diberi kartu tanda ujian. Waktu saya mau daftar saya bertanya ke bagian lobi informasi dan ditunjukan ke lantai diatasnya bagian khusus pendaftaran SPs UPI. cuma itu kho mas idak ribet dan dipermudah banget. hanya itu informasi yang dapat saya sampaikan.

      1. Terima kasih banyak mas Dika, informasinya sangat membantu.
        Hari ini saya sudah dapat informasi dari panitia SPs UPI.
        Sekali lagi saya ucapkan terima kasih banyak.

    2. Assalamualaikum mas bayu, saya Olivia Fonna alumni S-1 Fkip Sendratasik Unsyiah Aceh, jadi saya sudah mendaftar di Sps UPI tahun akademik 2015 ini, saya juga mengalami hal yang dulu mas bayu saat ikut tes Sps Upi, berhubung saya dari Aceh, jadi berkas seleksi saya kirim melalui TIKI, jadi no seleksi tes kapan dan dimana saya bisa mendapatkannya? mohon informasinya mas. Terimakasih

      1. Nanti pengumpulan berkas akan langsung diberi kartu ujian, bawa photo utk ditempel, klo via TIKI, kartunya siapa yang nerima, trus maukah pihak UPI kirim balik via TIKI, hehehe moga aja bisa

  2. wah hatur nuhun info nya…maav kang kalo boleh tau reading topic nya tahun kemaren tentang apa?
    terus yang tes kemampuan akademik itu yang gimana modelnya? mohon bantuannya kang

  3. Assalamualaikum Kang Dika,,
    Salam kenal, saya Yogi dari Karawang. Saya udah daftar S2 PKn di SPS UPI Maret kemarin, saya mau tanya kalo tes Inggrisnya itu susah banget ga sih kang? (maklum ga lancar Bahasa Inggris kang) hatur nuhun…

    1. Waa’laikum salam kanggo Kang Yogi, tesnya pertengahan mei 2013 ya? o ya tentang tes Bahasa Inggris, saya juga gak pintar & bahkan cenderung gak bisa, tapi satu hal yang saya harus dilakukan adalah cermat dalam setiap inti pertanyaan, maksudnya harus pintar-pintar cari “keyword”-nya dalam setiap pertanyaan, contoh yang gampang adalah dalam tenses, gak perlu pintar ngerti arti setiap kata setiap kalimat tapi cukup mengetahui polanya saja dan itu cukup untuk bisa menjawabnya, pola yang dimaksud secara umum itulah yang disebut “keyword”, hehehehehe kepanjangan nya Kang? saya percaya Kang Yogi bisa memahaminya. Sukses Kang mugi lulus tur tiasa kuliah.

      1. Jadi kuncinya harus lancar tenses ya kang…
        Alhamdulillah jadi ada sedikit pencerahan kang,,
        hatur nuhun pisan kang infonya sangat membantu..

    1. Untuk Neng Hana (perempuan khan?) maaf tentang apa itu tes kemampuan akademik dan tes kemampuan saintifik, saya lupa, nulis ini pun sambil terus nginget-nginget tentang keduanya…

    2. sebagai tambahan untuk memotivasi, jika antara tes Potensi Akademik dan tes Bahasa Inggris, yang harus dikhawatirkan adalah tes Bahasa Inggris, karena bagi kebanyakan orang Exact, tes Potensi Akademik pasti bisa dihadapi.

    1. Maksudnya pada LJK ditulis 2 jurusan? Setahu Saya, hari yang sama ujian dilaksanakan untuk semua jurusan, jadi harusnya diisi sesuai jurusan saja dan itu artinya satu saja, khan ruang ujian pun sesuai jurusan, nah jika Mas Harun Alrasyid mengisi 2 jurusan berdoalah agar tidak terjadi “hang” pada mesin pembaca LJK. Santai dan yakin lulus Mas jika keterangan ini malah membuat Mas galau, semoga lulus ya.

  4. Assalamu’alaikum Mas Dika, seneng bgt ada yg mau berbagi pengalaman tes seleksi masuk SPs UPI.. anyway, maksud nya “bahasa inggrisnya ngambil dr Jakarta Post” tuh apa ya?? content isu dr soal? atau memang ada latihan2 soal b.inggris di Jakarta Post itu??

    1. Waalaikumsalam Neng Erna, 1. maksudnya soal yang diambil bersumber dari The Jakarta Post, 2. selain textual ada juga kontextual, terutama isu yang diangkat di dalam deskripsi soal, 3. kalau latihan soal sih gak ada, cuma bacaan doang, kalau saya latihan soal di BBC Learning English, browsing saja, lengkap kho tinggal pilih. Terima kasih sudah buka dan comment di blog saya, semoga manfaat.

  5. Selamat siang kang dika.. saya mau tanya ni. Kalau tes akademik itu berhubungan dg jurusan yg mau kita ambil ya kang? Kalau utk tes bahasa inggrisnya apakah mirip tes toefl kang?

    1. Siang juga Neng Lily, tes akademik itu berhubungan dengan jurusan yang yang dipilih, itu juga seharusnya bukan masalah, yang perlu diberi perhatian lebih adalah selain itu, misal tes bahasa inggris, ini tidak seperti toefl, saya kira lebih mudah. Semoga bermanfaat dan membawa kebaikan.

  6. kang.. kalo sekarang daftar sps upi harus bayar di bank atau di panitia pmb… trus kalo di bank.. bisa bayarnya di daerah kota asal bukan bandung,,,

    1. o ya tambahan, yang harus dikhawatirkan sebenarnya diluar bidang akademik kita sendiri, karena itu perlu tambahan untuk belajar. Namanya juga bidang akademik sendiri pastilah sudah mumpuni, bukan begitu Kang Ari?

  7. Terima kasih yaa share nya.. cukup mengobati kecemasan (maap yah lebay) he he

    semoga besok tes nya lncar dan lulus, Amiiiin..
    mohon doa nya ya mas Dika.

    1. Iyaaa Makasih banyak mas atas doanya,.. Alkhamdulillah saya
      lolos dan diterima di pascasarjana UPI,… kpn” boleh sharing lg yaa Maass,…

    1. salam juga Rosline, terima kasih sudah mampir di blog Saya. TPA yang dimaksud Tes kemampuan akademik (TKA) ya? atau tes potensi (TP) doang? TP secara umum itu berkaitan dengan kecerdasan diri, khusus TKA yg merupakan bagian dari TP itu berkaitan dengan jurusan yang dipilih tentunya ini bidang kita sendiri (jika S1 dan S2-nya linear), Contoh kimia, soal yang dikerjakan pun seputar kimia, tentunya kalau linear, TKA ini tidak perlu menjadi kekhawatir berlebih.Cerita sedikit, bagi Saya justru B. Inggris yang menjadi kekhawatir kala itu, karena itu bukan bidang Saya, Persiapan pun justru diperbanyak untuk B. Inggris. Semoga Rosline dapat paham dan lulus dengan hasil terbaik.

  8. Mau tanya donk kang . Sy kan s1 nya pendidikan . S2 skrng mau ngambil BK . Kira2 bakal sulit ga ya soal akademik nya ? Trus ada tes wawancara ga ? Apa teks semua ?

    1. Boleh Neng Imas, pilih BK ya… soal akademiknya tentu tentang BK, kalau dipersiapkan tentu tidak sulit. Tes wawancara hanya untuk S3. Butir soal tidak selalu teks karena ada juga menganilis gambar dibagian tes potensi. Semoga sukses.

  9. permisi kang mau tanya, kalo saya ingin masuk S2 pendidikan matematika, tes apa saja yg harus dilakukan, oh iya kang kira2 jumlah mahasiswa yang diterima brp yah kang? khusus pndidik mtematika

    1. Tes sama seperti yang kimia tp nanti bedanya ada pada bidang masing-masing. Untuk kuota saingan itu berlaku persaingan senasional, adapun jml yg diterima itu Saya tidak tahu, karena pas kimia itupun tdk ada pemberitahuaannya.

  10. mas. . Q mau nanya tentang TOEFL. . apakah syarat TOEFLnya harus ada sbelum menjadi mahasiswa atau bisa setelah jadi mahasiswa. . ??
    seperti beberapa universitas yg menerapkan TOEFLnya bisa belakangan yg penting sblum wisuda pascasarjan bgt. . .

    trimakashi😀

      1. mas saya ingin mendaftar sps UPI untuk tahun 2016 karena dosen saya akan pergi keluar negeri saya disarankan untuk meminta surat rekomendasi sekarang. nah untuk surat rekomendasi dari dosen itu apakah ada form khusus dari UPI atau bagaimana? terimakasih.

  11. assalamualaikum wr.wb

    insha allah saya mau ikut tes masuk pasca upi nnti mei (mohon doanya ya mas,, hehe).. mau tanya nieh mas kalo soal tes TPA itu mirip2 sama tes TPA umum ngga (yg ada sinonim, antonim, aritmatika, gmbr gt?) Kok liat rincian yg dijabarin beda bgt. terus saya kurang ngerti di tes kemampuan akademik, itu maksudnya soal2 sesuai jurusan kita? mohon pencerahannya ya mas, ditunggu sekali. hehe😀

    wassalamualaikum wr.wb

  12. assalamua’alaikum kang dika
    kang saya mau nanyak ni, pendaftaran kan bisa di bank mana saja. terus waktu menyerahkan berkas kita bsa diwakilkan gak?
    oh iya, saya lihat di situs sps.upi tidak ada syarat utk melampirkan surat rekomendasi?
    bagaimana ya lebih baiknya?

    mohon jawabanya..
    salam kenal kang dika

  13. nice post kang. mau tanya donk,, kalau di sesi wawancara (mau nempuh s2 bahasa inggris) biasanya yang ditanyakan apa saja ya? punya tips supaya bisa lulus interview?😉

  14. assalamualaikum. mas dika, terima kasih infonya.
    insya allah tgl 13 mei 2015 saya ikut tes s2 di upi semoga dapat hasil yang terbaik. amin.
    mas, saya mau nanya untuk tipe soal-soal tes s2 ada yang tentang baris dan deret gak? trus ada tentang logika matematika dan matematika dasarnya kah?terima kasih sebelumnya,:)

  15. Ini.saya pa.yanyan pa dika.abdi.ngamaksad tes S2 tgl.1 juni.di upi gmna punya sesuatu. Tok belajar soal2 seleksi s2 utamanya bhs.inggrisnya hehe

Leave a Reply

